Mencegah Ekor-Sirip Cupang Kuncup

Cupang lovers!! ekor cupang saya kuncup, apa sebabnya ya? dan gimana mengatasinya? Ya, Ekor Cupang Kuncup sering menjadi problematika para hobiis cupang. Apa penyebab sebenarnya? Ekor kuncup pada ikan cupang lebih sering disebabkan oleh buruknya kualitas air dalam akuarium. Buruknya kualitas air ini biasanya karena jangka waktu penggantian air akuarium yang terlampau lama, sehingga kotoran sisa makanan dan ‘buangan’ pencernaan ikan yang menumpuk menjadi sumber bermacam2 bakteri dan zat kimia (seperti: Nitrit) yang berbahaya bagi kesehatan ikan.Intensitas penggantian air yang banyak dilakukan oleh breeder/hobiis senior adalah dalam rentang waktu 2-3 hari sekali, bahkan dalam situs bettysplendens.com, sebuah artikelnya menyebutkan bahwa penggantian air ini bisa dilakukan setiap hari. Penggantian air dilakukan dengan air yang telah diendapkan selama paling tidak 2 malam. Tujuan pengendapan ini diantaranya adalah untuk ‘menguapkan’ chlorine yang biasanya terkandung dalam air, terutama untuk air PAM. Teknis penggantiannya pun bisa dilakukan seluruhnya (penggantian air total) untuk jangka waktu 2-3 hari tersebut, namun cara yang banyak ditempuh adalah hanya mengganti separuh air dalam akuarium, sedangkan penggantian air total dilakukan dalam rentang waktu 1 minggu sekali.

Selain dengan rutin melakukan penggantian air dalam akuarium, beberapa hobiis juga menambahkan Blitz Ich (yang mudah didapatkan di toko-toko aquatic) sebagai upaya pencegahan timbulnya ragam penyakit pada ikan. Perlu diingat pula, selain upaya perawatan yang telah kami sebutkan, Sobat juga patut perhatikan takaran pemberian pakan pada tiap ikan, jangan terlampau berlebih sehingga menyebabkan endapan pada dasar akuarium. Selain membuat air dalam akuarium kotor, endapan sisa makan inilah yang menjadi sebab munculnya nitrit dalam air.

Lain sebab Ekor Cupang Kuncup, lain pula sebab Sirip bagian Atas Cupang Melengkung, hal ini lebih disebabkan oleh ikan yang terlalu sering bermain di permukaan air ,agar ikan kita tidak sering bermain di permukaan air , biasakanlah menyekat antara satu akuarium dengan akuarium yang lain tetapi sekatan itu hanya ditaruh setengah saja (dari bagian atas ke bagian tengan) jadi yang terlihat hanya bagian tengah hingga ke bawah.

Cari Blog Ini

Our Partners

Daftar Blog Saya

Daftar Blog Saya

Daftar Blog Saya

Daftar Blog Saya

Daftar Blog Saya

Daftar Blog Saya

Recent Comments

adsense link 728px X 15px

RECENT READER

Featured Content

Paling Banyak Dibaca Lelaki Hidung Belang

Resources and Tools